Kumis Kucing Sebagai Tanaman Obat

Kumis kucing memiliki nama latin Orthosiphon aristatus. Tanaman ini termasuk ke dalam famili Lamiaceae/Labiatae. Kumis kucing sering dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman obat asli Indonesia. Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.




Nama daerah kumis kucing :

Kumis kucing (Melayu – Sumatra)
Kumis kucing (Sunda)
Remujung (Jawa)
Se-salaseyan, songkot koceng (Madura)

Kumis kucing adalh tanaman obat berupa tumbuhan yang berbatang basah dan tegak. Ada berbagai istilah yang ada untuk menyebut tanaman kumis kucing misalnya seperti: kidney tea plants, giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Asal tanman ini sendiri yaitu dari wilayah Afrika tropis, yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah di Asia dan Australia.

Kumis kucing adalah tumbuhan terna tegak, yang dibagian bawah berakar di bagian buku-bukunya. Tingginya dapat mencapai 2 meter. Batang berbentuk segi empat agak beralur berbulu pendek. Bentuk helai daun bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya. Panjang ukuran daun yaitu 1 – 10 cm sedang unutk lebarnya 7.5mm – 1.5 cm. Urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, kedua permukaan berbintik-bintik, hal ini dikarenakan ada kelenjar yang jumlahnya sangat banyak. Untuk panjang tangkai daunnya yaitu 7 – 29 cm.

Ciri khas tanaman kumis kucing yaitu ada pada bagian bunganya. Bunga kumis kucing memiliki bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Buah geluk berwarna coklat gelap

Manfaat Kumis Kucing 


Daun kumis kucing dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Manfaatnya ini dapat didapatkan dalam kondisi basah maupun kering. Daun kumis kucing kering dimanfaatkan sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik). Sedangakan di India digunakan untuk mengobati rematik.

Umunya masyarakat Indonesia menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai usaha penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Daun kumis kucing juga dimanfaatkan untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis., reumatik dan menurunkan kadar glukosa darah. Dan satu lagi, kumis kucing juga berguna sebagai antibakteri.


Comments